Rabu, 26 Januari 2011

Analisis Web Distro BloopEndorse (Part 4)

Berlanjut dari postingan sebelumnya mengenai analisis web bloopendorse.com ini yaitu :

6. Recognition Rather Than Recall

Ketika user sudah selesai melakukan registrasi, user akan ditampilkan dengan halaman baru yang langsung bisa meng-update data dirinya. Hal ini akan mengurangi beban memori dari user dalam mengoperasikan situs ini.

Gambar 8. Update Data
       
7. Flexibility and Efficiency of Use

Pada halaman yang menampilkan daftar seluruh produk, penempatan harga, kode, judul, ukuran yang ditampilkan menurut saya kurang sesuai. Karena biasanya user melihat judul, kode, dan harga terlebih dahulu. Selain itu tidak ada button add to chart langsung pada setiap viewing produk, sehingga user harus mengeluarkan beban lebih untuk mengaksesnya.
Gambar 9. Viewing Produk

Pada task pemesanan produk, setelah selesai memesan sudah ada konfirmasi pemberitahuannya.

 Gambar 10. Selesai Pesan

Jadi pada poin ini situs www.bloopendorse.com sudah lumayan baik hanya saja kurang teliti dalam analisis penempatan task nya.


     8. Aesthetic and Minimalist Design

Situs www.bloopendorse.com memiliki tema grayscale karena warna background yang digunakan yaitu kolaborasi hitam, putih, dan abu-abu. Secara umum desain yang digunakan sudah cukup menarik mengikuti selera user (anak muda). Namun ada beberapa gambar yang seharusnya ditempatkan di posisi yang tepat. Contohnya pada halaman produk wanita yaitu :

 Gambar 11. View Kategori women

Pada bagian yang diberi kotak merah tidak menunjukan arti apapun, sehingga harus memakan banyak tempat. Mungkin maksud kotak biru tersebut akan diisi oleh gambar-gambar baju yang berkaitan.  Namun disini kotak tersebut terlihat sangat mengganggu. Sebaiknya kotak tersebut dihilangkan saja dan diganti oleh Judul kategori.  Dari segi keseluruhan desain situs www.bloopendorse.com ini sudah cukup bagus namun hanya masih kurang interaktif menurut saya.


      9. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

Dalam situs ini sudah terdapat pesan yang sangat jelas dan tidak membingungkan bila pengguna tidak melengkapi data pada form registrasi  dan  setelah pengguna menyelesaikan memilihan barang yang telah dipesan.  Hanya saja penggunaan huruf pada form yang dibuat kecil dan pewarnaannya mungkin agak menyulitkan pengguna. Contoh gambar ada pada poin  Error Prevention.


     10. Help and Documentation

Situs www.bloopendorse.com sudah memiliki menu How to order untuk membantu user dalam melakukan pemesanan secara online di web ini. Dari proses pemesanan melalui website, sms, hingga proses pengiriman semua sudah cukup jelas di sini. User dapat bertanya secara langsung kepada owner melalui no telp yang tercantum.  


Gambar 12. Cara Pemesanan


Kesimpulan :
Berdasarkan seluruh ulasan yang sudah saya analisis dapat diambil kesimpulan bahwa situs www.bloopendorse.com  sudah memiliki sisi interface yang baik. Dari sisi evaluasi heuristik situs ini cukup mudah digunakan dan dipelajari, efisien, dan pengguna yang melakukan kesalahan pun  dapat dengan mudah mengetahui sisi kesalahannya.  Sisi kekurangganya yaitu mungkin developer belum memasukan beberapa task yang seharusnya ada pada web serta masih kurangnya analisis mengenai suatu ketidak-konsistenan.



12 komentar:

  1. sebagai web penjualan seharusnya web ini lebih menonjolkan dari produk-produknya
    secara penggunaan sudah bagus tapi masih banyak halaman yang tidak dapat diakses

    BalasHapus
  2. Sebaiknya pada halaman Home, menampilkan produk-produk unggulan yang ditawarkan pada website ini, sehingga menarik user juga untuk melakukan transaksi pada website ini.

    BalasHapus
  3. poin 8 mengganggu sekali.. gambar 'kosong' itu memakan banyak tempat sehingga memungkinkan adanya scrolling yang justru lebih baik dihindari.

    check this out :
    https://rizka.paramitha08.student.ipb.ac.id/
    http://ngahika.wordpress.com/

    BalasHapus
  4. Pada toolbar atai tombol search yang terdapat pada pojok kanan atas yang bertuliskan "search product" ketika saya mengetikkan t-shirt yang ditampilkan adalah tulisan- tulisan yang ga ada hubungannya. menurut saya ini menunjukkan ketidakkonsistenan, seharusnya tampilan yang diharapkan adalah keluar gambar dari berbagai jenis t-shirt.

    ketika saya melakukan klik pada tombol men dan mengklik salah satu kaos, muncul gambar kaos dan informasi ttg kaos tersebut, tetapi menurut saya masih ada yang kurang seharusnya ditampilkan ukuran yang mnedetail seperti ukuran L "berapa sampai berapa"

    BalasHapus
  5. hmn,.. tadi q udah lihat halaman homenya.. kok menurut ku gak menggambarkan ecommerce ya.. kayak bukan sirus yang lagi julaan..

    BalasHapus
  6. komen gambar 11. ,
    Tulisan Merk ama Harganya itu(di bawah gambar produk) sangat lebih bagus jika align left jangan align center.... akan lebih mudah dibaca dan kelihatan lebih rapi....

    BalasHapus
  7. waktu buka website ini, bingung mau ngapain.
    tapi setelah klik sana sini, interfacenya simple. penggunaan bahasa juga uda konsisten

    BalasHapus
  8. terlalu banyak gambar di halaman home. jadi bingung mau ngapain. Dan lebih membingungkan lagi, ini website tentang apa??????

    BalasHapus
  9. agak bingung di halaman awal,

    banyak space yg terbuang karena kotak besar, jd hrs scroll dlu utk liat yg lengkap

    BalasHapus
  10. Web ini e-commerrce yaa...ko malah seperti web pribadi yang menampilkan barang-barang pribadinya yaa... :p

    BalasHapus
  11. waw...designnya keren-keren..but...gara2 banyak yang bisa di klik jadi nyasar2 ke halaman yang ga tau tu halaman mana..pas mau balik ke home terus klik home trnyta g balik2..
    g ada breadcrumb yang gampangin pengunjung tau lagi d halaman mana.
    navigasi bar yang biasanya diisi check out, home, my acccount sayang banget d taruh atas...
    mending kategori yang ditulis di navigasi bar itu letakny d samping.dan diberi keterangan kalu itu tu kategori :)

    BalasHapus

"...My New World..."